November 18, 2012

Andai Aku Jadi Ketua KPK, Aku Akan ‘Mundur’

Amanat menjadi ketua KPK untuk memberantas korupsi tidak hanya dilegitimasikan oleh legislatif dan ekskutif tetapi juga oleh masyarakat. Karenanya ketika saya mendapatkan mandat menjadi Ketua KPK, saya akan melakukan dua langkah ‘mundur’ yang dapat menjadi amunisi untuk memberantas korupsi.

Langkah mundur pertama yaitu mempelajari budaya korupsi di Indonesai dari masa ke masa. Mulai dari pemerintahan Soekarno sampai dengan SBY. Memetakan secara terperinci pola, jenis, bentuk, strategi, jumlah, dan pelaku secara komprehensif lengkap dengan data dan fakta. Mempelajari budaya korupsi yang sudah dipraktekkan sebelumnya dapat menjadi modal buat saya untuk mengantisipasi ruang-ruang potensi korupsi (preventive action) kedepan. 

Kedua, saya akan mundur untuk mempelajari karaktek organisasi KPK, terutama pimpinan sebelumnya. Ketika Taufiqurrahman Ruki yang berlatarbelakang polisi memimpin dengan gaya yang investigatif. Pada saat dibawah pimpinan Antasari, roda KPK sangat birokratif karena beliau berprofesi sebagai Jaksa. Sekarang pada saat KPK dinahkodai oleh Abraham Samad yang bergaya aktifis karena kehidupannya yang dipengaruhi oleh dunia LSM. Mempelajari gaya, psikologi, dan pelbagai seluk beluk mereka, saya bisa mengetahui dampak terhadap pemberantasan korupsi pada masanya. Manfaat lain bagi saya yaitu mengambil yang baik dari mereka untuk menciptakan perbedaan dalam kepemimpinan saya.

Kendati saya harus mundur untuk melaksanakan kedua langkah diatas, namun saya yakin akan memberikan multi-impacts. Meskipun akan ada yang bilang saya mandul aksi, tapi itu hanya untuk sementara, karena saya mundur bukan untuk tidur, tapi karena belajar untuk bertempur.

7 comments:

Anonymous said...

Obviously belts is often replaced very easily but when you plan on carrying
out this then take into consideration the included price.


My page ... Report abuse

Anonymous said...

The Bowflex Best two features a 410-pound pounds resistance element for an additional charge.


Here is my web page :: incline dumbbell shrug

Anonymous said...

This suggests you bolster only the bones utilised straight inside the training.



Also visit my blog post dumbbell sets

Anonymous said...

For most up-to-date news you have to visit world wide web and on
world-wide-web I found this web page as a most excellent website for
newest updates.

Here is my weblog - aess.upc.es

Anonymous said...

Allow me to share along with you more details on the principle advantages and disadvantages
which i regarded aside from the lock situation.



my web site ... rubber dumbbells sale

Anonymous said...

Magnificent goods from you, man. I've understand your stuff previous to and you're just too fantastic.
I actually like what you have acquired here, really like
what you are stating and the way in which you say it.
You make it enjoyable and you still take care of to keep it
smart. I cant wait to read much more from you. This is really
a terrific site.

my blog; how to get pregnant

Anonymous said...

If you're a rock lover, then you definitely know Radiohead is.

Feel free to visit my web site :: http://www.getfitnstrong.com/bowflex-dumbbells/reviewing-bowflex-selectt...

Post a Comment

 
Web developed by Eka.aSOKA.web.id | Domain Host by aSOKAhost.com
Follow @MuehammadAdam